banner-detik

makeup

Tips Outfit Nyaman dan Makeup Saat Acara Lebaran

seo-img-article

Bagi kebanyakan orang, Lebaran adalah momen dimana kita bersilaturahmi dengan keluarga. Nah, saya punya sedikit tips agar kita bisa menjalani momen ini dengan nyaman namun tetap stylish dan cantik.

Menjelang idul fitri begini, pasti banyak yang persiapan mudik ke kampung halaman. Apa kamu termasuk salah satunya? Saya sih iya. Walau nggak sampai mudik ke luar kota, tapi saya juga persiapan mau bersilaturahmi ke rumah-rumah beberapa keluarga saya saat Lebaran nanti.

Kalau di keluarga saya, ada tradisi untuk beramai-ramai berkunjung ke rumah sanak saudara yang lebih tua. Jadi bukan hanya satu rumah, tapi kami harus mendatangi beberapa rumah sekaligus dalam dua hari Lebaran tersebut. Capek dan kepanasan tentu saja, karena aktivitas ini biasanya kami lakukan dari pagi sampai sore. Tapi fun! Bisa berbagi kabar dan bertemu dengan saudara jauh.

Nah, saya mau berbagi tips outfit dan makeup saat acara Lebaran nih, supaya nanti tetap kelihatan cantik dan keren saat acara tersebut, namun tetap nyaman. Siapa tahu saja di antara teman-teman pembaca juga banyak yang masih menjalankan tradisi seperti keluarga saya 😀

 tips lebaran nyaman (2)

1. Pakai outfit yang nyaman

Nyaman itu bukan berarti nggak stylish. Banyak kok pilihan outfit yang nyaman namun tetap keren. Saran saya sih, pilih baju dengan bahan yang adem dan dengan cutting yang nyaman. Hindari pakaian yang nggak menyerap keringat atau terlalu ketat, karena pasti bakalan nggak nyaman. Untuk sepatu, saya lebih merekomendasikan sneakers, karena paling enak dipakai jalan jauh. Hindari memakai high heels. Nah, kalau tas, saya sendiri kalau saat Lebaran, selalu memilih ransel kecil dengan strap bahu yang nyaman sih. Tapi saya tahu, banyak yang nggak suka ransel. Jadi pilih model tas apa saja, yang penting muat segala perintilan yang dibutuhkan, dan nggak bikin ribet.

 

2. Sunscreen is a must!

Karena aktivitas ini banyak dilakukan siang hari, tentu kita harus pakai sunscreen. Saya sendiri selalu memilih sunscreen yang nyaman di kulit, gampang meresap, nggak whitecast dan nggak gerah. Saya pernah menuliskan rekomendasi sunscreen yang nyaman dengan harga terjangkau di sini dan di sini.

Lalu yang nggak kalah penting, jangan lupa juga untuk reaply sunscreen kita! Biar praktis, bawa saja sunscreen dalam bentuk powder atau spray. Jadi kita nggak usah repot-repot harus membersihkan muka saat mau reaply.

Baca juga: 5 Cara Memakai Sunscreen Yang Benar

 

3. No heavy makeup

Saya malah nggak nyaman pakai foundation dan concealer saat acara lebaran begini. Malah insecure takut foundation saya cakey dan meleleh di beberapa bagian, apalagi kan harus cium pipi banyak orang :D. Untuk complexion, saya lebih memilih pakai bedak tabur saja. Tapi, kalau kalian emang nggak bisa lepas dari concealer, make sure produk yang kalian pakai nggak gampang geser buat dipakai dalam jangka waktu  yang cukup lama.

Jadi memang selama satu bulan sebelum Lebaran, saya benar-benar jaga makan, minum air putih yang cukup, lebih rutin olahraga, dan tertib memakai skincare, agar pas Lebaran kulit saya lebih sehat, dan bisa lebih pede menunjukkan kulit muka tanpa makeup yang terlalu tebal.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Kulit Sehat Selain Pakai Skincare

 tips lebaran nyaman (1)

4. Pilih makeup yang long wering tapi nyaman

Misalnya nih, untuk bibir, saya lebih memilih memakai lip tint. Karena liptint buat saya lebih nyaman dan nggak bikin bibir kering dibandingkan matte lipstick, namun juga lebih awet di bibir walau dipakai makan sekalipun. Retouch liptint juga jauh lebih mudah dibandingkan mengaplikasikan matte lipstick yang pigmented dan harus rapi. Cek juga beberapa rekomendasi lip tint yang awet buat Lebaran, supaya tampilan bibir kamu lebih cakep seharian.

Untuk alis, saya lebih memilih eyebrow pomade karena memang terbukti lebih tahan lama tanpa harus touch up. Dengan alasan yang sama seperti alis, saya juga lebih memilih cream blush on dibandingkan powder blush khusus untuk acara ini, karena biasanya saya lebih memilih powder blush.

Saya bukan tipe yang harus pakai bulu mata palsu kemana-mana, mascara pun saya nggak pernah pakai. Tapi kalau kamu tipe yang harus banget pakai bulu mata palsu, saya lebih merekomendasikan eyelash extension sebelum Lebaran, karena lebih praktis dan tentunya nggak insecure bulu matamu copot di tengah hari. Cek aja beberapa rekomendasi eyelash extension yang pernah FD bahas beberapa waktu lalu.

 

5. Bawa makeup secukupnya

Saran saya, selalu sediakan sunscreen powder/ spray, facial spray, kertas minyak, lip balm, dan lip tint di dalam tas tangan kita. Lima hal itu saja kok yang akan kita perlukan untuk touch up. Nggak perlu bawa banyak-banyak, karena malah akan bikin tas kita berat dan kita malah gampang capek. Toh bawa banyak-banyak makeup juga nggak akan terpakai.

 

Selamat Idul Fitri dan selamat berkumpul bersama keluarga ya. Kalau di kelurga kalian, gimana nih tradisi Lebarannya?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment